Edukasi Kesehatan Gigi Dengan Menggunakan Media Permainan Puzzle Di SDN Sudirman Makassar DENTAL HEALTH EDUCATION USING MEDIA PUZZLE GAMES AT SDN SUDIRMAN MAKASSAR
Main Article Content
Abstract
Dental and oral health problems are a fairly high problem experienced in Indonesia, so promotive and preventive measures are needed by implementing dental and oral health education games starting from an early age. Various educational applications that are often used are lecture methods that are less attractive to children. Various research results state that this method is less effective for children. One method that is more interesting and fun for children is the game method which is used as a medium for implementing dental health education. The method used in this service is by socializing puzzle games, pre-test, playing games, post-test, followed by joint toothbrushing for students in grades IV and V. Analysis uses SPSS version 16 using the Wilcoxon test. The service results showed that the significant value before (pre-test) and after (post-test) was given a game using puzzle media 0.000 (p<0.05), So it can be concluded that games using puzzle media are effective in increasing children's level of knowledge about dental caries in elementary school children Sudirman.
Article Details
References
Adeline I, Ajeng Dwi, I.G.A Kusuma Astuti N.P, and Imam Sarwo Edi. 2021. “Peningkatan Pengetahuan Tentang Menyikat Gigi Pada Siswa Sekolah Dasar Ditinjau Dari Penggunaan Media Audio Visual Dan Media Permainan.” Jurnal Ilmiah Keperawatan Gigi (JIKG 2(2): 301–6. http://ejurnal.poltekkestasikmalaya.ac.id/index.p hp/jikg/index.
Arsyad. 2018. “Pengaruh Penyuluhan Terhadap Pengetahuan Pada Murid Kelas IV dan V SD.” Journal article Media Kesehatan Gigi 17(1): 61– 72.
http://www.tfd.org.tw/opencms/english/about/ba ckground.html
Ayati, Nurul, and Ainur Rachman. 2017. “Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Metode Permainan Simulasi (Puzzle) Mengenai Menggosok Gigi Terhadap Perubahan Pengetahuan Pada Siswa Kelas I Di SDN 005 Samarinda.”
Fatimah, Fatimah, and Desyandri Desyandri. 2023. “Penggunaan Media Puzzle Guna Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan dan Konseling 5(1): 374–79.
Herawati, Asri et al. 2022. “Edukasi Kesehatan Gigi Dan Mulut Melalui Media Pembelajaran Berbasis Interaktif Pada Siswa SDN Mekarjaya 11 Kota Depok Tahun 2022.” Jurnal Pengabdian Masyarakat 01(04): 111–18.
Hidayah, Riski Amalia, Fitri Fauziah, and Karangwangkal. 2023. “Pengaruh Konseling Dan Media Puzzle Pada Pengetahuan Cikidang The Impact Of Puzzle-Based Counseling On Students ’ Knowledge Of Oral Health In Grades 3 And 4 At SD Negeri 2 Cikidang 1 ) Jurusan Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran , Universitas Jenderal Soe.” Jurnal Kesmas Indonesia 15(2): 179–88. http://jos.unsoed.ac.id/index.php/kesmasindo/art icle/view/7833.
Husna, Nailul, and Prasko Prasko. 2019. “Efektivitas Penyuluhan Kesehatan Gigi Dengan Menggunakan Media Busy Book Terhadap Tingkat Pengetahuan Kesehatan Gigi Dan Mulut.” Jurnal Kesehatan Gigi 6(1): 51.
Kemenkes RI. 2018. “Hasil Riset Kesehatan Dasar Tahun 2018.” Kementrian Kesehatan RI 53(9):
–99.
Mallombassang, A Tenri Biba, A Muh Irfan M Amir, A Arni Irawaty Ab, and St Zalekha Ibrahim. 2023. “Inovasi Puzzle Edukasi Anak Sekolah Dasar Terhadap Kesehatan Gigi Dan Mulut Di Daerah Tertinggal: Sebuah Literatur Review.” 1(1): 23–27.
Marpaung Epiphanias Citra Fensi, Lisbet Novianti Sihombing, Eva Pasaribu. 2022. “Pengaruh Media Puzzle Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas III Subtema 3 Di UPTD SD Negeri 122371 Pematang Siantar.” Jurnal Pendidikan dan Konseling 4(6): 1349–58. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.p hp/jpdk/article/view/8314/6254.
Nia Afdilla, Suhikma Sofyan, Adriatman Rasak, Juan Felix. 2022. “Efektifitas Promosi Kesehatan Gigi Dalam Peningkatan Pengetahuan Anak Dengan Media Permainan Ular Tangga .” Jurnal Kesehatan Dan Kesehatan Gigi 3(1): 37–43. https://poltek-binahusada.ejournal.id/ kesehatangigikendari/article/view/203/110.
Nordianiwati, Nordianiwati, and Farida Meysarah. 2020. “Analisis Pelaksanaan Program Usaha Kesehatan Gigi Sekolah (UKGS) Di Sekolah Dasar Negeri 012 Samarinda Ulu TahuN 2019.” https://api.semanticscholar.org/CorpusID:22553 1318.
Noviolin, Nining Elsa. 2018. “Efektivitas Video Animasi Dan Gerakan Senam Kesehatan Gigi Dan Mulut Pada Anak Sdn 2 Palembang Kesehatan Gigi Dan Mulut Pada.”
Pay, Mery Novaria, Agusthinus Wali, Leny M. A. Pinat, and Merniwati Sherly Eluama. 2023. “The Effect of Online Counseling Using Puzzle and Poster Media on Dental Carries Knowledge.” JDHT Journal of Dental Hygiene and Therapy 4(1): 1–7.
Qaera, Dinda Nuzula. 2020. “Pengaruh Derajat Kekakuan Bulu Sikat Gigi Terhadap Pengurangan Plak Pada Anak.” 21(1): 1–9.
Sihombing, Kirana, Manta Rosma, and Lamtiur Ayu Realita. 2020. “Gambaran Pengetahuan Anak Tentang Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut Dengan Metode Ceramah Dan Media Puzzle Pada Siswa/I Di Sd Negeri Lubuk Pakam.” Jurnal Ilmiah PANNMED (Pharmacist, Analyst, Nurse, Nutrition, Midwivery, Environment, Dentist) 15(3): 463–69.
Surtimanah, Tuti, Irfan Nafis Sjamsuddin, Marya Hana, and Gina Mardiatul. 2020. “Model Intervensi Penyuluhan Kesehatan Gigi Dan Mata Pada Anak Sekolah Dasar Negeri Arcamanik Bandung.” AN-NUR: Jurnal Kajian dan Pengembangan Kesehatan Masyarakat
(1):14
Syahida, Qaulan, Riana Wardani, and Cucu Zubaedah. 2017. “Tingkat Kebersihan Gigi Dan Mulut 8 Siswa Usia 11-12 Tahun Di SDN Cijayana 1 Kabupaten Garut. Oral Hygiene Level of Students Aged 11-12-Years-Old at Cijayana 1 State Elementary School of Garut Regency” Jurnal Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran 29(1): 57–62.
Wijayanti, Heny Noor. 2023. “Room of Civil Society Development Edukasi Kesehatan Gigi Dan Mulut Dalam Upaya Meningkatkan Kesehatan Gigi Pada Anak Sekolah Dasar.” 2(2): 1–6.
Yuniarly, Etty, Rosa Amalia, and Wiworo Haryani. 2019. “Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang Kesehatan Gigi Dan Mulut Dengan Tingkat Kebersihan Gigi Dan Mulut Anak Sekolah Dasar.” Journal of Oral Health Care 7(1): 01–08.